Sabtu, 16 Januari 2010

setahun yang lalu . . .

Kata Mas tanto tahun ini UAN di adakan bulan maret

Hem
gue jadi teringat setahun yang lalu
masa2 berat saat duduk di bangku kelas xii ipa. Ini ngga bohong lho nyet. Itu jaman tersiksa abis. Di kejar2 rumus2 mat, fisika, biologi, sama kimia. Tiap pelajaran aja rumusnya udah satu buku sendiri. Belom apalannya.
Udah dari semester pertama udah ketakutan bakal diterima di universitas apa.
Tiap hari pulang jam 4. Pulang sekolah langsung bimbel ampe jam 8. Jadi ampe jam 8 malem masih pakai baju seragam putih abu2 ampe malem. Buset dah tauk dah tuh bauk nya kayak apa. Hanya Tuhan dan teman yang di sebelahku yang tahu. Hahaha

Well, gue jadi teringat perjuangan gue, anggy, mona, khatrine, evi, sama erin sama2 berjuang demi semua tes masuk PTN.
Kalo jujur dulu semester pertama gue bener2 nggak mikirin UAN. Gue dan kawan2 seperjuangan hanya mikir kalo belajar untuk SNMPTN tuh ya udah pasti belajar untuk UAN. Jadi udah dari awal kelas xii beli 4 buku soal2 snmptn.
Hal yang gak bakal gue lupa yaitu gue sama temen2 dateng ke bedah kampus UI. Anjrit. Habis muter2in tuh kampus depok. Gue udah ngiler2 gitu supaya bisa masuk tuh kampus kuning. Hahaha. Ngarep abis men! Karena tidak di tunjang kemampuan otak gue. Hahahai.

Semester kedua.
Gue inget banget tuh tanggal 1 maret itu ujian masuk simak UI weiiiii. Persiapan makin jor2an. Nggak ada yang gue pikirin selain tembus ke ujian itu. Dan hampir seangkatan gue 'la migliore '09' berpikiran sama. Dan hal selanjutnya yang terjadi adalah
hari hari menjelang tes akbar itu manusia2 kelas xii sekolah gue makin gencar untuk cabut men!
Eeit tunggu dulu. Bukan cabut asal cabut. Tapi tiap cabut kita ke bimbel masing2. Ya habis bayangin deh, saat kita udah jor2an latihan soal snmptn, guru2 di sekolah masih sibuk dengan pelajaran yang nggak ada hubungannya dengan uan. Waktu itu sempet terjadi jurang pemisah antara guru dan angkatan gue. Beda selisih paham. Mereka minta kita fokus uan. Tapi ya angkatan kita nggak mau. Mau fokus simak dan tes2 ptn lain.
Dan semenjak seminggu sebelum simak, murid2 yang datang ke sekolah tiap kelas hampir bisa di hitung pake jari.
Gue termasuk salah satunya. Buat apa ke sekolah kalo cuma belajar pkn, jepang, dll. Mending di tempat bimbel dari jam7 pagi ampe jam 8 malem. Full drill soal2.

Masuk ke bulan maret baru deh gue scare ama momok yang menakutkan bagi anak kelas xii. Yakni UAN. Mati gue kalo gue nggak lulus. Jujur gue baru beli buku soal2 uan ya sebulan sebelum perhelatan akbar itu. Karena gue baru sadar soal snmptn sangatlah berbeda jauh dengan soal uan. Dan gue merasa bodoh sekali kala itu. Intinya gue takut nggak lulus di salah satu mata pelajaran ipa. Buku uan yang gue beli cuma gue isi di pelajaran mat, fis, kim, bio. Sama sekali nggak kesentuh pelajaran bhs ind n bhs ing.
Tapi ya namanya juga hidup. Nggak bisa di hindari. Ya cukup di jalani aja. Hahaha. Padahal sesungguhnya uan memangkah momok yang sangat mengerikan. Apa kata dunia kalo gue nggak lulus. Mati ajalah gue kalo gue nggak lulus (untuk yang satu itu gue bener2 berpikiran demikian)

Oke. Intinya gue di tolak arsitek ui, arsitek uns, arsitek brawijaya.
Dan 24 april gue di nyatakan masuk arsitek undip. Well itu belum pengumuman uan lho. Gue masih harus bersabar dulu 3 bulan nunggu pengumuman

Mona,anggy,erin,khatrine,evi belum menyerah. Mereka berjuang sampai snmptn. Gue kalah. Gue nggak mau ikut snmptn. Karena udah harus bayar ke undip 5jt. Jadi gue nggak berjuang lagi. Sementara kawan2 gue masih bersekutu dengan bimbel demi mengalahkan soal snmptn.

Dan yang gue rasa saat itu gue bakal bener2 bunuh diri karena malu udah diterima ptn tapi nggak lulus uan, jika bener2 nggak lulus uan.

Well Tuhan masih sayang sama gue kok. Gue masih diperbolehkan hidup. Gue lulus walau gue nggak puas dengan nilai uan gue. Yah setidaknya gue nggak jadi masuk koran dengan subtitle "seorang gadis ditemukan bunuh diri di dalam kamar mandi karena setres tidak lulus uan padahal sudah di terima di ptn" hahaha. Walo lo bilang itu lebay tapi itu yang sesungguhnya gue rasain saat itu.

Dan sekarang gue jadi teringat masa setahun yang lalu.
Masa2 akhir pakai seragam. Masa2 akhir dimana cabut itu memiliki seni. Masa2 makan bekal buatan mama bareng2 temen. Masa2 perjuangan di sekolah dan di bimbel. Masa2 dimana kalau ngeliat soal tuh tangan gatel untuk ngerjain. Masa2 dimana saat itu upacara sangatlah membosankan tetapi sekarang sangat di rindukan. Masa2 dimana bel pulang sekolah serasa seperti mendengar lonceng dari surga. Masa2 perjuangan demi masa depan yang lebih baik.

Gue sudah tersenyum puas untuk itu semua. 2 pengumuman lulus baik uan maupun lulus artisek eh salah arsitek undip merupakan hadiah terbesar dari Tuhan saat itu. Dimana saat aku di nyatakan lulus artisek eh salah lagi arsitek undip, gue baru lihat papa menangis sambil nyium kening gue terus keluar rumah demi nggak mau gue lihat dia dalam keadaan nangis. karena selama ini papa selalu ngelihat 3 kegagalan gue sebelumnya. Mama juga begitu. Bedanya mama selalu yakin kalo gue bakal lolos tes ptn. Tapi kalo papa ada sedikit kekhawatiran kalo gue nggak lulus ptn.
Yang mereka minta cuma kebanggaan. Bangga bisa lulus dan mengalahkan 25 orang karena 1 bangku di arsitek di rebutkan 25 orang.
Dan
yeay
gue berhasil membuat mereka menangis bangga.
Dan itu cukup membayar perjuangan gue setahun kala itu.

Uan dan tes ptn sudah cerita lama. Dan perasaan gue saat ini gue ngerasa goblok kalo gue berpikiran bakal bunuh diri kalo nggak lulus uan

untuk kebo
semangat y bo!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar